Selasa, 06 Desember 2011

[All About] Sungkyukwan Scandal

"Seorang sarjana hanya tahu kata dan kekuatan kebajikan tapi tidak mengerti kehidupan rakyat.... Jika seseorang menjual ilmunya untuk makanan dianggap pencuri, bagaimana orang yang menggunakan ilmunya untuk kekuasaan politik? Mereka bagai mata pisau yang memanfaatkan keadaan. Maka orang itu adalah pembohong besar ..... "
Ini sinop pertama yang ku buat di PD. Di dapuk menjadi salah satu diantara Jalgeum Kuartet di  episode pertengahan,  menyimpan banyak kisah seru di balik pembuatan sinopsis ini. Padahal drama ini aku gak ngikutin dari awal, haha.

Dengan berbekal flashdisk 2GB, aku dan Iis Rf kopdar di PGC. Sambil nggelosor dilantai 4 (atau5?) PGC, pertama kalinya di ajarin masukin subtittle ke Player. Dulu baru kenal sama Media Player, belum tahu GOM atau VLC. Pokokna maha masih gaptek lah.
Fams: Emang sekarang dah ga gaptek?
Ai: enggak (dengan nada yakin).... salah (nada pelan).... hihi
Drama Saeguk pertama yang kubuat sinopnya, lumayan ribet karena banyak istilah khusus. Belum lagi baca sub english bikin lidah dan mata belibet, translate total dari simbah google banyak kacaunya, dan terpaksa bolak-balik buka kamus sampe kamusku copot jilidnya, haha.
Maklumlah, walau saat itu aku dah beberapa kali bikin sinop, aku nontonnya dari DVD dan sudah bersub Bahasa indonesia.

Belum lagi saat postingan hasil keroyokan, terutama di episode 20 (final). Sama seperti Jalgeum Kuartetnya Sungkyukwan yang bahu membahu saling menolong dan membantu sahabat mereka, jalgeum kuartetnya RF (April, Ari, Ai dan Iis) juga bersatu padu menyelesaikn sinopsis drama ini..... 
Judul : 성균관 스캔들 / Sungkyunkwan Scandal
Jumlah Episode : 20
Tayang : KBS2 mulai 30 Agustus 2010
Sutradara : Kim Won Suk
Original writer : Jung Eun Gwol, penulis novel 'The Lives of Sungkyunkwan Confucian Scholars 1 &2'
Screenwriter: Kim Tae Hee

Karakter Tokoh dan Preview:
Lee Sun Joon (Micky Yoochun)

Putra mentri, kalangan bangsawan, pintar, cerdas, tampan, tegas, dan jujur. Tapi kadang terlalu naif dan kaku. Ia memegang teguh pendirian yang ia anggap benar walau itu berarti membuatnya terlibat dalam masalah.  Seperti saat ujian negara untuk masuk Skk dimana sudah menjadi rahasia umum para peserta yang otaknya pas-pasan menggunakan jasa joki, ia justru tak tinggal diam. Ia berhasil menangkap basah si joki, tapi Joki itu terlalu licin dan berhasil kabur.
Penasaran plus kesal dengan ulah si joki yang mempermalukannya lewat tulisan di belakang jubahnya, Sun Joon berusaha mencari tahu keberadaan si Joki. Adalah kubu Ha In Soo yang tidak menyukai tindak-tanduk Sun Joon berniat mengerjainya, dengan Yoon Hee sebagai pancingan. Sun Joon dan Yoon hee pun akhirnya bertemu dan terkepung petugas, tapi mereka berhasil lolos. Sebelum berpisah, Sun Joon berhasil meyakinkan Yoon Hee kalau ia akan membayar jasanya pada hari kedua ujian negara.

Kim Yoon Hee (Park Min Young)

Cantik dan pintar, ia memilih memanfaatkan kepintarannya untuk mencari uang. Ia sengaja menyamar menjadi laki2 menggunakan nama adik laki2nya yang bernama Kim Yoon shik (karena kalau perempuan di saat itu ruang geraknya terbatas) untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. Yoon Hee yang pintar bekerja part time menyalin berbagai macam tulisan mulai dari buku pelajaran sekolah, PR, surat cinta bahkan sampai buku "dewasa" ckckckckckck..... Walau begitu, Yoon Hee enggan saat di tawari menjadi penulis contekan apalagi seorang Joki ujian.
Pada suatu hari, karena tidak hati2, ia tak sengaja menjatuhkan "pesanan" buku PR seorang siswa Skk di jalan. Terpaksa ia menulis lagi kata2 yang sudah dihafalnya di luar kepala langsung dihadapan siswa yang memesannya. Keren gak tuh? Tapi Yoon Hee juga enggan ikut ujian negara dengan alasan ia tidak suka berinteraksi dengan orang-orang yang bahkan tidak bisa mengerjakan PR nya sendiri, ia lebih suka mencari uang.
Kemudian saat hutang keluarga yang cukup besar harus segera di bayar, Yoon Hee menyingkirkan semua prinsip2nya. Ia bersedia menjadi Joki ujian. Tapi malang tak bisa ditolak, ujian hari pertama ia ketahuan Sun Joon. Menghindari menjadi istri kedua mentri Ha (Ayahnya Ha In Soo) demi membayar hutang, Yoon Hee pun mencari berbagai cara untuk mendapat uang, termasuk mengirim buku terlarang. Pengiriman buku itu ternyata bagian dari jebakan kubu In Soo untuk Sun Joon, tapi mereka bisa lolos.

Berhasil kabur dari tandu pernikahannya, Yoon Hee mencari Sun Joon di Toko buku. Kepepet butuh uang segera untuk membayar hutang kepada mentri Ha, Yoon Hee menyanggupi permintaan pemilik Toko Buku untuk menjadi Joki. Ternyata itu semua hanya akal dari Sun Joon untuk membuatnya masuk Skk dengan resmi. Bahkan raja sendiri yang meluluskannya.
Tanpa sadar, ia pun masuk ke dalam lingkaran tempat kerja ayahnya dulu. Ayah Yoon Hee dulunya adalah salah satu pengajar di Skk, beliau juga salah satu orang kepercayaan raja. Kim Yoon Hee kecil kerap mencuri dengar saat ayahnya mengajar sang adik Kim yoon shik. Sementara ayahnya yang tahu Yoon Hee ikut mendengar, sengaja memperkeras suaranya. hiks, nangis pas adegan ini.....

Goo Yong Ha (Song Joong Ki)

Tampan, dandy, playboy, termasuk siswa top diangkatannya. Ia berkawan baik dengan In Soo kepala Siswanya Skk. Tatapan matanya tak bisa di kelabui, ia bisa tahu kalau Yoon Hee sebenarnya wanita.
Yong Ha ini sebenarnya bukan murni bangsawan, tapi ayahnya yang saudagar kaya berhasil membeli silsilah kebangsawanan. 
Di perjalanan kisah, Yong Ha akhirnya memilih bergaul dengan Sun Joon dan bersebrangan dengan Soo In.

Moon Jae Shin (Yoo Ah In)
Misterius, santai dan tak mau ambil pusing dengan sekitarnya. Padahal di dalam dirinya berkecamuk dendam, dendam karena kematian satu-satunya kakaknya akibat intrik politik. Yang lebih menyakitkan baginya, ayahnya yang notabene orang penting di kerajaan tak bisa berbuat banyak.
Ia yang punya penyakit cegukan kalau berada di dekat perempuan, akhirnya tak perlu waktu lama untuk tahu Yoon Hee itu sebenarnya perempuan. Tapi ia memilih pura-pura tak tahu  dan diam-diam melindungi Yoon Hee. Bibit cintapun muncul untuk Yoon Hee.
Bagi penonton, Moon Jae Shin lah the Most wanted man di drama ini, sayangnya justru Yoon Hee jatuh cinta ma cowok lain. Mau tahu dimana tempat nongkrongnya Jae shin?? di dahan salah satu pohon besar di lingkungan Skk


Ha In Soo (Jun Tae Soo)
Cowok cakep yang aslinya adalah adiknya Ha Ji Won (Secret Garden/100 Days with Mr. Arrogant) ini, cocok banget meranin cowok sengak yang diktator. Tapi bagaimanapun In Soo tetaplah manusia, ia jatuh hati pada Cho Soon seorang Gisaeng jago kelahi kaki tangan ayahnya. Sayangnya tak mudah mendapatkan hati Cho Soon, karena ia jatuh hati pada sosok Yon Hee yang menyamar jadi Yoon Sik (lelaki).
Makin dalamlah kebencian In Soo pada geng Jalgeum Kuartet

Ha Hyo Eun (Seo Hyo Rim)
Adiknya In Soo ini di jodohkan dan sudah cinta mati sama Sun Joon. Ia merasa hilang arah saat Sun Joon tiba-tiba membatalkan pertunangan sesaat sebelum pesta pertunangan di adakan. Ia pun mencari cara untuk menarik perhatian Sun Joon lagi, tapi malah menemukan kenyataan kalau Yoon Hee itu perempuan .....


Baca Sinop lengkap di Pelangi Drama:
[ 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9/1 | 9/2 | | 10/1 | 10/2 |
| 11/1 | 11/2 | 12 | 13/1 | 13/2 | 14/ 1 | 14/2 | 15/1 | 15/2 |
| 16/1 | 16/2 | 17 | 18/1 | 18/2 | 19 | 20 (End) ]

OST:

foto-foto/screencaps, behind the scene















Other Cast:
Kang Sung Pil as Im Byung Choon
Kim Dong Yoon as Seol Go Bong
Chae Byung Chan as Kang Moo
Ahn Nae Sang as Jung Yak Yong
Park Geun Soo as Yoo Chang Ik
Kim Ha Kyoon as Choi Shin Mook
Kim Young Bae as Go Jang Bok
Im Young Pil as Ham Choon Ho
Kim Jung Kyoon as Ahn Do Hyun
Jang Se Hyun as Kim Woo Tak
Hwang Chan Woo as Bae Hae Won
Joo Ah Sung as Nam Myung Shik
Jo Sung Ha as King Jeongjo
Kim Gab Soo as Lee Jung Moo
Lee Jae Yong as Ha Woo Kyu
Choi Dong Joon as Moon Geun Soo
Kim Ik Tae as Menteri Chae
Han Yun as Kim Yoon Shik (Yoon Hee's brother)
Park Dong Bin as Pejabat Byung Pan
Ryu Dam as Soon Dol
Kim Kwang Gyu as Hwang Ga
Sung Hyun Joo as Beo Deul Yi
Im Yoon Jung as Aeng Aeng
Jung Hye Mi as Seom Seom
Kim Mi Kyung as Mrs. Jo
Kim Min Seo as Cho Soon
Im Jung Eun

Link Download : Medium Quality

Drama saeguk yang ringan, lucu romantis namun tetap penuh intrik. Siap-siap aja jatuh cinta ma Ketegasan dan kepintarannya Lee Sun Joon, ke-cool-an dan kemisteriusannya Moon Jae Shin, keceriaan dan ketampanannya Goo Yong Ha, juga larut dalam kekhawatiran Kim Yoon Hee yang menjaga agar rahasianya sebagai perempuan tidak terbongkar. 

source list tokoh: dramawiki
Gambar: lupa dari mana, aku dah punya gambar ini sekitar setahun yang lalu

14 komentar:

あり あきな mengatakan...

uwahhhhhhh jadi kangen masa2 jalgeum kuartet teh ai wkwkwk, kapan ya itu juga sinop pertamaku keroyokan wkwkwkkw aku pake jurus google transalate juga ama diubah2 dikit kata2nya tapi kalau nggak ngerti bodo amatlah wkwkwk habis mau gimana lg jurus pasrah

ai mengatakan...

haha, jurus pasrah menang dari jurus Google!!

hidup jalgeum kwartet!!

mimu mengatakan...

kak ai, klo lagu yg ngiringin iklan sungkyunkwan di indosiar itu judulna apa ya??
*tau ga??*

gomawo ^^

Anonim mengatakan...

aih, kalendernya lucu mbak!!! mau :D
dira juga gak tau kalo yong ha tuh bukan anak bangsawan, cuma beli silsilahnya aja (ganjil emang trapi namanya drama wkwkwkwk), pantes pakaiannya mewah semua -.-
he.em dira emang terpikat ma kata-katanya sun joon, gemes banget dia dapet peran kayak gitu di perdana aktingnya, pantes aja banyak ward (gak karena itu juga sih T.T)
kenapa jaeshin nongkrong di pohon mbak? berasa kayak.... hehe
baru ngeh itu adeknya ha ji won eonni ckckckck
nih panjang bener, sampe screencapsnya juga GOMAWO MBAK AI!!!
ayo kapan keroyokan nyinop lagi (gak bareng dira maksudnya) haha...

ai mengatakan...

@mimu, aku jarang nonton TV, jadi gak tau yang mana lagunnya.... tapi tar coba ku tanya anak2 RF yaaa...

@Dira, DWL (Down With Love juga keroyokan, hihi... apalagi episode yang terakhir, tungguin yaaaaa....

ai mengatakan...

kata temen2 di RF, judulnya Found you yang nyanyi JYJ

mimu mengatakan...

udah ktemu kak ai..
klo found you yg jyj mah mimu udah tau, yg mimu tanya lagu yg dipake indosiar buat iklan film sungkyungkwan.
trnyata bkn ost nya skks, tp lagunya se7en yg i'm going crazy (klo ga salah)
mianhe yah dah ngerepotin kak ai..
gomawoyo ^^

ai mengatakan...

haha, bukan toh??? syukurlah kalo udah nemu ^^

cha_sya mengatakan...

ai....suka dengar semangatnya membuat sinop keroyokan...wah ngiri semangat kebersamaannya itu....
suka juga dengan kalendernya yang bagus...kalau ai punya dibagi dunk...tapi yang 2012 ya kekekek...
oh iya senyumnya Joong Ki kenapa ngelihatin aku terus ya (ckkekekek.,,sengaja narsis ).
Oh ya ai....kemana kemana dirimu?>>> rindu postinganmu dan semua celotehanmu.....rindu share dan gaya bicara tulisanmu...

miss u ai...

note (kecil) :kok aku kangen ai ya setelah sembuh dari sakit lamaku :)

Anonim mengatakan...

Today is ethical ill, isn't it?

ai mengatakan...

haha, kok aku baru ngeh ada komenan cha sya yang ini?? haha.. asyiiik di kangenin... sekarang masih kangenn gak Cha Sya???

@anonim... ya begitulah... dimana orang hanya mementingkan kepentingannya sendiri...

lysa mengatakan...

sangat bermanfaat. salam kenal

cara mengobati maag mengatakan...

waaaah seru juga tuh ceritanya..!
salam kenal dan semoga sukses selalu...

obat penghancur batu ginjal mengatakan...

WAH INI KAN CERITANYA MENATEP BANGET, JADI KANGEN NONTON INI LAGI

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...